Cara membuat gelato caramel lembut dan simpel, tanpa mixer

Hobi ngemil gelato di cafe atau gelateria? Es krim ala Italia ini memang enaknya kebangetan. Benar-benar lembut dan creamy. Terutama gelato yang terbuat dari buah. Benar-benar terasa buah asli. Jadi penasaran bagaimana cara membuat gelato, ya?

Ternyata cara membuat gelato ala Italia itu nggak terlalu sulit, kok. Bahkan tidak butuh ice cream maker atau mixer. Pakai whisk alias kawat pengocok juga sudah cukup.

Berikut ini resep gelato karamel yang super simpel. Silakan disimak langkah demi langkah pembuatannya.


Ilustrasi gelato caramel thekitchenmccabe.com


Bahan (untuk 4 porsi):

  • 375 ml susu cair
  • 180 ml krim kental
  • 125 gram gula pasir
  • 3 butir kuning telur
  • 1 sendok teh esens vanili
  • 1/4 sendok teh garam
  • topping jam rasa karamel secukupnya

Cara membuat gelato karamel:

  1. Panaskan panci anti-lengket, kemudian masukkan gula pasir. Masak dengan api kecil sampai gula meleleh dan menjadi karamel berwarna kecoklatan.
  2. Masukkan krim kental sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan kawat pengocok (whisk) sampai tercampur rata.
  3. Tuang susu cair, kemudian aduk rata. Besarkan api dan masak selama 3 menit.
  4. Kocok kuning telur di baskom dengan kawat pengocok sampai rata. Ambil setengah adonan susu dan tuangkan ke kocokan kuning telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata dan kental.
  5. Kecilkan api. Tuang adonan kuning telur ke susu yang masih direbus tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masak hingga mengental. kemudian angkat dari kompor.
  6. Tambahkan garam dan esens vanili pada campuran susu dan telur tadi. Tuang ke dalam wadah yang memiliki tutup. Tunggu sampai uap panas hilang, kemudian bekukan di freezer.
  7. Sajikan gelato yang sudah beku. Ambil satu scoop, tuang ke dalam gelas atau mangkuk. Setelah itu sajikan bersama caramel topping jam.

Gelato juga bisa disajikan bersama potongan buah seperti pisang dan stroberi. Bisa juga ditambahkan cincangan almond atau potongan cake.

Catatan:

Krim kental merupakan kepala susu dengan kandungan lemak sekitar 30-40%. Biasa dijual supermarket atau toko bahan kue dengan label ‘whipping cream’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *