Browser Microsoft Edge Kini Bisa Login Tanpa Password

Banyaknya layanan online membuat pengguna internet harus menyimpan dan mengingat aneka macam password. Alangkah praktisnya kalau bisa login dengan pengenal wajah atau pemindai sidik jari.
Itulah yang baru-baru ini diterapkan oleh Microsoft di peramban desktop Edge besutannya. Melalui implementasi standar Web Authentication, sang browser bisa melakukan login secara “password-less” alias tanpa kata kunci.
Sebagai ganti password, pengguna Edge bisa memilih sejumlah opsi otentikasi yang didukung, termasuk fingerprint scanner dan face recognition, seperti Windows Hello.
“Dengan Windows Hello, pengguna bisa login ke situs yang mendukung Web Authentication dalam hitungan detik,” tulis Microsoft dalam sebuah posting blog.
Ada juga dukungan untuk kunci USB fisik berbasis standar Universal 2nd Factor (U2F) macam Titan Security Key besutan Google yang baru diperkenalkan pekan lalu.

 

Pengenal wajah Windows Hello di peramban Edge.Engagdet Pengenal wajah Windows Hello di peramban Edge.
WebAuthn sendiri merupaakn standar otentikasi “password-less” daru FIDO Alliance dan World Wide Web Consortium. API untuk menjembatani web dengan pengenal biometrik di berbagai perangkat sudah didukung oleh peramban-peramban populer.
Selain Edge, dukungan WebAuthn juga sudah ditambahkan ke Chrome dan Firefox.

Microsoft mengklaim bahwa Edge memiliki dukungan WebAuthn yang terlengkap, dengan support untuk perangkat authenticator lebih beragam dibanding browser lain.

Namun pengguna Edge yang ingin login tanpa kata kunci masih harus bersabar menunggu. Fitur-fitur di atas baru tersedia lewat Windows Insider Preview build 17723 atau yang lebih baru.
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (1/8/2018), dukungan login tanpa password baru akan diterapkan secara menyeluruh di peramban Edge di Windows 10 versi 1809 yang akan dirilis belakangan tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *