15 Cara menghaluskan rambut dengan perawatan sehari-hari dan bahan alami

Jika menginginkan cara menghaluskan rambut secara instan, tentu saja ada tips yang bisa ditempuh. Misalnya dengan catok atau mengoleskan shine spray. Tetapi sebenarnya hasil instan juga tidak akan bertahan lama. Jika ingin rambut yang halus dan lembut secara alami kuncinya adalah perawatan secara teratur.

Bagaimana cara menghaluskan rambut secara alami lewat perawatan sehari-hari? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Cara menghaluskan rambut yang kering dan kasar dengan perawatan sehari-hari:

  1. Jangan terlalu sering keramas
  2. Cuci rambut dengan air dingin
  3. Pakai conditioner setiap selesai keramas
  4. Hair mask/creambath minimal seminggu sekali
  5. Overnight treatment dengan minyak rambut dua kali seminggu
  6. Hair wrap
  7. Gunakan vitamin rambut

Jangan terlalu sering keramas

Cara menghaluskan rambut yang pertama adalah dengan keramas seperlunya saja, saat rambut sudah benar-benar kotor. Cuci rambut terlalu sering bisa membuat batang rambut kehilangan minyak alami yang menjadikannya lembut.

Cuci rambut dengan air dingin

Sebisa mungkin usahakan untuk selalu keramas dengan air dingin. Air panas akan membuat rambut terasa kasar setelah keramas.

Pakai conditioner setiap selesai keramas

Jangan remehkan kemampuan conditioner dalam menghaluskan rambut. Gunakan selagi rambut masih basah setelah keramas. Usapkan mulai bagian pertengahan hingga ujung rambut. Diamkan selama 2 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Hair mask/creambath minimal seminggu sekali

Cara menghaluskan rambut yang selanjutnya adalah pakai hair mask atau creambath essence. Gunakan hair mask atau creambath essence instan yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Bisa juga dengan menggunakan bahan alami seperti avokad dan pisang. Usapkan pada rambut yang baru dikeramas, kemudian diamkan selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah itu bilas kembali.

Overnight treatment dengan minyak rambut dua kali seminggu

Ilustrasi perawatan rambut murah meriah 2017 Merdeka.com

Gunakan minyak rambut sebagai overnight treatment. Misalnya minyak rambut urang-aring, minyak cem-ceman, atau minyak kemiri.

Usapkan minyak rambut secukupnya pada rambut di malam hari. Ikat rambut ke atas agar tidak menyentuh wajah saat tidur. Tetapi ikat longgar saja agar kulit kepala tidak tertarik.

Keesokan harinya, keramas rambut seperti biasa. Lakukan setiap kamu perlu mencuci rambut keesokan harinya dan mahkotamu akan semakin indah.

Hair wrap

Cara menghaluskan rambut yang satu ini bahkan tidak akan membuatmu mengeluarkan uang sepeser pun. Setelah keramas, bungkus rambut dengan handuk selama seharian. Di sore hari, lepaskan handuk dan keringkan rambut seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut dan mudah diatur karena kelembapan air terkunci seharian di setiap helaian.

Perawatan ini cocok untuk rambut yang benar-benar kering. Lakukan perawatan dengan hair wrap seminggu sekali saja saat kamu tidak perlu keluar rumah seharian.

Gunakan vitamin rambut

Ilustrasi produk perawatan rambut 2017 Merdeka.com

Menggunakan vitamin rambut setiap selesai keramas juga termasuk cara menghaluskan rambut yang cukup efektif. Usapkan minyak dari sebutir vitamin rambut setelah rambut yang baru dikeramasi mulai kering atau setelah rambut dikeringkan dengan hairdryer.

Mengoleskan vitamin rambut setelah rambut dicatok atau di-curly juga bisa membantu menjaga agar rambut tidak rusak.

Demikian beberapa cara menghaluskan rambut yang bisa diterapkan setiap hari.

Cara menghaluskan rambut dengan bahan alami

Selain menggunakan hair mask dan creambath essence instan yang banyak tersedia di pasaran, kita juga bisa menggunakan bahan-bahan natural pemberian alam. Pilih buah-buahan atau minyak alami yang kaya akan pelembap.

Di bawah ini kami sajikan cara menghaluskan rambut dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

1. Masker santan dan jeruk nipis

Ilustrasi kelapa dan jeruk nipis Shutterstock

Santan instan dalam kemasan mini tak cuma bisa buat masak. Bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan masker rambut. Coba pakai santan kemasan 65 ml yang harganya sekitar Rp 5.000,- itu. Padukan dengan air perasan jeruk nipis atau (opsional), kemudian usapkan pada rambut yang sudah dibasahi.

Jepit rambut atau tutupi dengan shower cap, kemudian diamkan selama tiga sampai empat jam. Setelah itu, keramas seperti biasa.

2. Masker avokad

Masker dari buah ini cocok untuk rambut yang kering, rusak, dan bercabang. Berikut ini resepnya yang dimodifikasi dari situs Natural Hair Rules.

Bahan:

  • 1/2 buah avokad matang
  • 1 sendok makan mayones (opsional)

Cara membuat:

  1. Haluskan 1/2 buah alpukat. Campurkan dengan 1 sendok makan mayones.
  2. Usapkan masker pada rambut. Setelah itu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

3. Masker pisang

Ilustrasi pisang 2014 Merdeka.com/Shutterstock/valzan

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang ada di dalam buah pisang berfungsi sebagai minyak alami yang dapat mengatasi rambut bercabang dan kering.

Bahan:

  • 1 buah pisang matang (sesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut)
  • 1 sendok makan santan kental (opsional)

Cara membuat:

  1. Potong-potong buah pisang. Campurkan dengan santan. Kemudian haluskan semua bahan tadi dengan sendok atau blender.
  2. Sisir rambut yang sudah dikeramas sampai tidak ada rambut yang kusut. Kemudian ambil sisir yang bergigi jarang dan celupkan ke dalam masker pisang yang sudah dibuat. Ratakan ke seluruh bagian rambut menggunakan sisir tadi.
  3. Tutupi kepala menggunakan shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih. Biarkan rambut kering secara alami. Jangan gunakan hair dryer.

4. Masker madu dan susu

Madu kaya akan pelembap alami yang baik untuk merawat rambut kering. Sementara susu kaya akan protein yang dibutuhkan untuk menyehatkan rambut.

Bahan:

  • 1/2 gelas susu
  • 3 sendok makan madu

Cara membuat:

  1. Campur kedua bahan masker hingga rata.
  2. Saat rambut dalam kondisi bersih dan setengah kering, usapkan masker.
  3. Pijat-pijat lembut hingga rata.
  4. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air bersih.
  5. Jika rambut terasa lengket, cuci dengan sedikit shampoo.

Lakukan perawatan dengan masker super-lembap ini minimal seminggu sekali.

5. Masker pepaya

Ilustrasi pepaya Shutterstock

Pepaya mengandung banyak vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan rambutmu. Untuk membuat masker dari buah pepaya, kamu bisa mencoba resep yang direkomendasikan situs Curly Nikki ini.

Bahan:

  • 1/2 gelas pepaya matang
  • 1/4 gelas yogurt tawar (opsional)

Cara membuat:

  1. Kupas pepaya dan haluskan daging buahnya. Setelah itu campur dengan yogurt.
  2. Oleskan campuran masker mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Setelah itu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

6. Creambath jeruk nipis

Sifat asam pada jeruk nipis bagus untuk mengatasi masalah pada kulit kepala dan rambut yang lepek. Larutkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis berukuran besar dengan 1 gelas air. Setelah itu tuangkan separuhnya pada kulit kepala. Pijat-pijat agar meresap. Pastikan tidak ada luka di kulit kepala.

Tuangkan sisa larutan jeruk nipis pada batang rambut. Bungkus kepala dengan shower cap, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

7. Creambath wortel

Ilustrasi jus wortel Shutterstock/2xSamara.com

Wortel sangat cocok untuk masker karena vitamin-vitamin penting di dalamnya dapat menjadikan batang rambut lebih kuat, tebal, dan berkilau.

Bahan:

  • 1/2 gelas jus wortel
  • 3 sendok makan yogurt tawar

Cara membuat:

  1. Kentalkan jus wortel dari perasan wortel yang sudah diparut dengan yogurt.
  2. Usapkan pada kulit kepala, kemudian pijat-pijat ringan.
  3. Setelah itu tuangkan sisanya di rambut. Oleskan hingga merata. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

8. Bilasan teh hijau

ilustrasi teh hijau www.sociolla.com

Teh hijau tak hanya baik untuk kulit dan tubuh. Teh yang kaya akan nutrisi ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut bersinar alami.

Seduh teh hijau celup atau 1 sendok makan teh hijau kasar dengan segelas air panas. Tunggu sampai hangat, kemudian tuangkan pada kulit kepala dan rambut.

Lakukan pemijatan ringan selama 2-5 menit. Setelah itu bungkus rambut dengan handuk atau shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Itulah cara menghaluskan rambut sendiri dengan cara sederhana dan bahan-bahan alami yang berkhasiat. Lakukan perawatan yang dianjurkan di atas secara teratur. Hair mask dan creambath sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali agar hasilnya maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *